Tips Perjalanan ke Kawah Ijen

Image result for kawah ijen

Kawah Ijen, sebuah danau vulkanis dengan pesona keindalahan alam yg tidak tertandingi. Pesona unik dibalik gejolak pertambangan belerang rakyat. Hingga saat ini gunung Ijen masihlah jadi salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung dengan ketinggian 2. 443 m ini paling akhir meletus pada th. 1936.

Menurut Kepala Bagian Konservasi Sumber Daya Alam di lokasi gunung Ijen, Sunandar Tri Gunasa, kawah Ijen cukup popular di kelompok wisatawan mancanegara dengan kata lain wisman. Setiap tahunnya jumlah rasio kunjungan wisatawan manca di banding wisatawan lokal dapat meraih 3 : 2. Sesaat rata-rata kunjungan pertahun di lokasi ini meraih 14 jutaan orang.

Janganlah heran, ini karena kawah Ijen yaitu danau kawah vulkanis paling besar didunia. Dengan kedalaman kaldera meraih 500 m dan luas keseluruhnya danau meraih 5000 hektar. Hanya satu di Indonesia, bahkan juga didunia. Sungguh mengagumkan bukan?

Bukan sekedar itu, pesona dari danau kawah Ijen dengan warna hijau muda yang sangat cantik akan berikan Kamu panorama eksotis mengagumkan. Menyusuri track menanjak sekitar 2 jam dari pos menuju puncak sekalipun terbayar dengan panorama mengagumkan ini. Terlebih bila Kamu memiliki kesempatan berjumpa dengan beberapa penambang tradisional yang membopong berpuluh-puluh kilo beleran mentah di bahu mereka menuruni gunung.

Pesona unik ini memikat beberapa wisman untuk datang ke lokasi wisata gunung Ijen. Selain sebagai wisatawan sekedar untuk travelling, beberapa bertandang untuk kebutuhan peliputan dan riset. Sebagai sebuah danau vulkanis paling besar, kunjungan pakar geografi dan geologi ke tempat kawah Ijen ini cukup tinggi dari beragam pelosok dunia.

Menariknya, lokasi ini belum memperoleh cukup perhatian pada segi pengembangan wisatanya. Hingga sarana lokasi kawah Ijen ini belum maksimal. Ini jadi menarik karena untuk wisatawan hal semacam ini berikan mereka peluang nikmati wisata alam alami. Berbagai info seputar perjalanan wisata bisa cek di jakarta culture facts, situs tsb memudahkan perjalanan yang telah anda rencanakan sebelumnya.

Bermacam terbatasnya dari masihlah dapat Kamu akali agar perjalanan wisata Kamu ke kawah Ijen tidak terhalang. Berikut beberapa tips yang dapat Kamu lakukan dalam perjalanan wisata Kamu ke kawah Ijen.

  1. Transportasi paling efisien.
    Hingga saat ini belum ada sarana transportasi yang cukup layak untuk lokasi ini. Untuk meraih kawah Ijen, Kamu perlu melakukan perjalanan menuju Banyuwangi dahulu dengan kereta api atau bis antar kota. Dari Surabaya perjalanan meraih 7 jam menuju Bondowoso dengan biaya sekitar 70 ribu atau 4 jam menuju Banyuwangi selama 4 jam. Setiba di salah satu kota ini, Kamu dapat menyewa jip adventure yang tersedia banyak di ke-2 kota ini dengan biaya sekitar 600-700 ribu /hari, atau dapat meraih 1 jutaan untuk wisman. Atau untuk Kamu yang ingin paket irit, dapat memakai angkutan desa menuju kecamatan Licin atau Sempol seharga 15 ribu lalu naik ojek menuju pos Paltuding dibawah kaki gunung Ijen seharga 50 ribu.
  2. Akomodasi paling nyaman.
    Di lokasi Paltuding ini Kamu masihlah dapat memperoleh beberapa pilihan penginapan yang cukup nyaman dalam bermacam strata. Dari mulai kelas murah meriah seharga Rp 100 ribu permalam di penginapan simpel punya Departemen Kehutanan sampai villa taraf memengah dengan harga 500 ribu permalam. Diluar itu, ada juga penginapan yang berjarak sekitar 6 km. dari Paltuding, tepatnya di guest house perkebunan Belawan dan Jampit punya PTP dengan harga 200 ribu. Walau Kamu perlu menyewa ojek sekitar 10 menitan seharga Rp 10 ribu Kamu dapat memperoleh penginapan yang cukup nyaman dan dekat dengn pemukiman jadi fasilitasnya lebih komplit.
  3. Persiapan yang perlu Kamu kerjakan.
    Bagaimanapun perjalanan ini akan cukup berat. Jadi tak ada kelirunya Kamu menyiapkan diri untuk sistem pendakian taraf menengah. Di sini Kamu akan melalui perjalanan dengan kemiringan sekitar 30o. 1, 5 km pertama bahkan juga lebih miring dari itu. Jalur track akan berpasir jadi Kamu perlu memakai sepatu hiking yang bergerigi untuk dapat maksimal dalam pendakian. Itu penyebabnya baiknya Kamu hindari pendakian pada musim penghujan karena track akan sangat licin dan berlumpur. Sebaiknya Kamu juga melakukan perjalanan dalam rombongan untuk lebih aman. Baiknya Kamu mendaki pada pagi hari sekitar jam 5 pagi. Perjalanan akan mengonsumsi waktu sekitar 4 jam dan perjalanan pagi akan menghimpit rasa capek. Namun hawa di lokasi ini pada pagi hari sangat dingin bahkan juga berkabut. Baiknya Kamu buat persiapan diri dengan jaket hiking tebal, syal dan topi peghangat. Senter juga cukup baik Kamu sediakan mengingat lokasi ini akan sangat berkabut di waktu subuh.

Mudah-mudahan info ini cukup dapat jadi rujukan untuk Kamu untuk melakukan perjalanan wisata ke lokasi ini. Kamu dapat lebih baik dalam menyiapkan diri untuk next trip Kamu ke kawah Ijen. Buat persiapan dengan masak dan Kamu siap mereguk pesona kawah Ijen nan eksotis.

Advertisements
Tips Perjalanan ke Kawah Ijen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s