Tips Traveling ke Labuan Bajo

Image result for labuan bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu desa yang terdapat di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Meskipun belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, namun keindahan obyek wisata di Labuan Bajo dapat bikin Kamu berdecak mengagumi akan dan ingin selekasnya bertandang kesana. Tetapi, dapatkah Kamu pergi ke Labuan Bajo dengan biaya ala backpacker?

Kami akan berikan tips untuk Kamu yang ingin jadi backpacker ke Labuan Bajo. Tidak cuma tips, kami akan sharing beberapa hal menarik apa sajakah yang dapat dilakukan di Labuan Bajo. Yuk, mulai bikin persiapan untuk berpelesir ke Labuan Bajo!

Jalan keluar Transportasi Murah Ke Labuan Bajo

Labuan Bajo memiliki bandar hawa yang melayani penerbangan sehari-harinya, yaitu Bandara Komodo. Walau demikian, biaya ticket pesawat dari Jakarta atau Surabaya menuju ke Labuan Bajo sangat mahal, yakni sekitar pada Rp 1. 500. 000 – 2. 000. 000 untuk sekali jalan.

Nah, bila Kamu ingin backpacker ke Labuan Bajo, cari ticket pesawat murah dengan maksud ke Mataram, Lombok. Lalu, dari Terminal Mandalika Mataram Kamu dapat naik bus malam selama 12 jam untuk sampai di Terminal Sape Sumbawa Timur. Lalu, dari Pelabuhan Sape Kamu dapat naik kapal ferry untuk menuju ke Labuan Bajo.

Pilih Hotel Simpel dengan Tarif Terjangkau

Tidak perlu cemas tidak memperoleh hotel saat liburan di Labuan Bajo. Karena disini telah banyak hotel dengan bermacam bintang dan tarif. Karena Kamu tengah liburan ala backpacker, maka pilihlah hotel bintang 1 atau losmen yang tarif kamarnya dibawah Rp 400. 000 per malam.

Untuk memperoleh harga yang lebih murah, Kamu dapat pesan kamar hotel melalui website booking tertentu yang biasanya akan memberi promo harga yang menarik.

Jauhi Datang Saat Musim Liburan

Karena jumlah penginapan di Labuan Bajo masihlah belum terlalu banyak seperti di Bali atau Lombok, maka baiknya Kamu pesan kamar hotel dari jauh-jauh hari. Jauhi untuk datang ke Labuan Bajo saat musim berlibur.

Pasalnya di saat berlibur, selain harga ticket dan akomodasinya lebih tinggi, Kamu juga tidak dapat leluasa untuk nikmati keindahan Labuan Bajo. Ketika berlibur tiba tempat ini pastinya akan dipenuhi oleh wisatawan yang ingin lihat segera keindahan Labuan Bajo.

Penelitian pastinya jadi hal penting sebelum berencana berlibur. Jangan sangsi untuk ajukan pertanyaan pada rekan Kamu yang sudah sering traveling ke beragam tempat. Anda dapat juga mencari info lewat website perjalanan, seperti Tour Guide Jakarta. Begitu Kamu dapat memperoleh deskripsi berapakah biaya yang perlu disiapkan.

Kuliner Murah dan Enak Di Labuan Bajo

Di Labuan Bajo terdapat restoran, cafe, dan lounge dengan suasana yang enjoy. Sayangnya, Kamu harus memikirkan 2 x ketika akan makan di beberapa tempat itu. Karena harga menu yang di tawarkan di restoran dan cafe yang ada di Labuan Bajo termasuk mahal. Oleh karenanya, cari kuliner murah dan enak di warung-warung kaki lima yang ada di Labuan Bajo.

Perlu Kamu kenali kalau kuliner khas Labuan Bajo yaitu ikan fresh dan makanan laut yang lain. Jadi, Kamu dapat nikmati sepiring nasi putih dan ikan fresh yang digoreng atau dibakar di warung-warung kecil. Tetapi, pastikan terlebih dulu harga makanan di warung kaki lima itu sebelumnya pesan. Karena beberapa warung kaki lima sering kali berikan harga yang tinggi pada wisatawan luar NTB.

Upayakan untuk Menyewa Sepeda Motor atau Mobil

Pergi dengan memakai alat transportasi umum memang yaitu cara menghemat pengeluaran untuk beberapa backpacker. Tetapi, hal semacam ini tidak berlaku ketika Kamu backpacker ke Labuan Bajo. Pasalnya, disini sangat minim transportasi umum. Karena alat transportasi umum di Labuan Bajo kurang mencukupi, maka kami mereferensikan Kamu untuk menyewa kendaraan saja di rental.

Bila Kamu yaitu backpacker solo atau berpasangan, sewalah sepeda motor untuk mengantar Kamu berkeliling ke spot-spot wisata di Labuan Bajo. Namun bila Kamu liburan ke Labuan Bajo dengan rombongan, maka sewalah mobil dan bayar dengan cara patungan.

Bersantai Di Pulau Kanawa yang Eksotis

Pulau Kanawa yaitu salah satu spot wisata yang paling populer di Labuan Bajo. Pantai yang terdapat di pulau ini tawarkan pasir putih yang bersih dengan struktur yang lembut. Diluar itu, air laut yang terlihat dari Pulau Kanawa ini terlihat jernih dengan warna biru kehijauan.

Bersantai di pantai Pulau Kanawa sembari berjemur yaitu aktivitas yang perlu Kamu kerjakan ketika berpelesir ke Labuan Bajo. Bila ingin nikmati keindahan alam bawah laut, Kamu dapat menyewa alat untuk snorkeling disini.

Lihat Komodo Di Taman Nasional Loh Liang

Karena Labuan Bajo sangat dekat dengan Pulau Komodo, maka kurang komplit rasa-rasanya bila kemari tanpa ada lihat komodo. Kamu dapat melakukan trekking di Taman Nasional Loh Liang agar bisa lihat komodo.

Disini, beberapa pengunjung dapat lihat habitat asli hewan khas Indonesia ini. Selain lihat komodo, di Taman Nasional Loh Liang ini Kamu dapat juga berfoto-foto. Pasalnya, taman nasional ini memiliki panorama savana yang terlihat sangat alami dan bagus untuk berfoto-foto.

Kunjungi Green Canyon ala Labuan Bajo

Ingin menyatu lebih dekat dengan alam? Kunjungi Cunca Wulan yang jaraknya hanya sekitar 300 mtr. ke arah timur kota Labuan Bajo. Ini yaitu air terjun yang masihlah sangat “perawan” karena belum banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk sampai ke Cunca Wulan, Kamu harus melalui jalur trekking selama 30 menit. Tetapi, rasa capek akibat trekking akan terbayar lunas ketika Kamu sampai di Cunca Wulan yang sering memperoleh julukan sebagai Green Canyon ala Labuan Bajo ini.

Dibawah air terjun terdapat sungai dengan air berwarna biru kehijauan yang teramat jernih. Kamu dapat juga coba terjun dari atas tebing yang memiliki ketinggian 3-10 mtr. seperti adegan Edward Cullen dan Bella Swan di film Breaking Dawn Part 1.

Janganlah Terlewat Sunset Di Pulau Kalong

Di Labuan Bajo terdapat sebuah pulau dengan populasi kelelawar dengan jumlah yang sangat besar. Pulau itu diberi nama sebagai Pulau Kalong, yang ini berarti Pulau Kelelawar. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pulau Kalong yaitu saat matahari tenggelam.

Kamu dapat lihat beberapa ratus sampai beberapa ribu kelelawar keluar dari sarangnya dan berterbangan di langit yang berwarna jingga. Panorama yang satu ini sangat langka dan tidak bisa ditinggalkan saat Kamu liburan ala backpacker ke Labuan Bajo.

Diving Di Labuan Bajo

Aktivitas air yang sangat harus dilakukan di Labuan Bajo yaitu diving, karena di pulau ini ada banyak kursus diving profesional. Tetapi, untuk Kamu yang telah mahir menyelam, Kamu dapat menyewa alat diving atau snorkeling untuk lihat keindahan alam bawah laut di Labuan Bajo ini.

Bila tidak mau menyelam, sewalah kapal yang akan mengantarkan Kamu berkeliling sekaligus lihat panorama bawah laut dari bagian kalau kapal yang memakai kaca transparan.

Kamu memerlukan biaya yang lebih banyak untuk backpacker ke Labuan Bajo. Pasalnya, harga transportasi dan akomodasi di Labuan Bajo masihlah relatif mahal. Jadi, awalilah menabung dari saat ini bila Kamu ingin selekasnya liburan di Labuan Bajo.

Tips Traveling ke Labuan Bajo

Leave a comment